RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Keagungan Wanita Dalam Islam (3)

Posted By Pekikz On 05:20 Under , , , ,
Islam adalah agama yang menjunjung tinggi martabat para wanita. Termasuk ketika para wanita ini telah menjadi seorang istri. Istri yang menjadi manajer ekonomi di rumah tangganya, istri yang menjadi guru besar bagi anak-anaknya, istri yang menjadi koki handal bagi seluruh keluarganya. Besar sekali jasamu wahai para bidadari dunia.

Oleh sebab itulah, saat seorang wanita menjadi istri, syariat islam pun sangat memperhatikan hak-haknya serta sangat menghargai dan menghormatinya. Diperintahkan seorang suami berbuat baik kepadanya, tidak menyakitinya, bersabar atas segala kekurangnannya, berbuat baik kepada keluarganya, memberinya nafkah dengan cara yang baik, menjaga kehormatannya dan lain sebagainya.

Cukuplah itu semua masuk dalam perintah Alloh:

...وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْـمَعْرُوفِ...

“…Dan pergaulilah mereka (para istri) dengan cara yang baik…” (QS.an-Nisa’: 19)

Dan perhatikanlah beberapa hadits berikut, niscaya engkau akan mengetahui bagaimana islam sangat menghormati istri.

عَن أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمِ قَالَ وَاسْتوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإنَّ الْمَرْأَةَ خَلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍِ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍِ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهُ كَسَرتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّـسَاءِ خَيْراًَ

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu ‘anhu berkata: “Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda: ‘Berbuat baiklah kalian kepada istri, karena dia diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas, kalau engkau meluruskannya berarti engkau mematahkannya, jika engkau biarkan maka dia akan selalu bengkok, oleh karena itu berbuat baiklah kalian kepada para istri.’” (HR.Bukhori 3331,Muslim 1468)

Wahai para suami, perhatikanlah. Sungguhnya wanita-wanita kalian terbuat dari tulang yang rusuk yang paling bengkok, maka nasehatilah mereka dengan baik.

عَن أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمِ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَاناًَ أَحْسَنُهُمْ خُلُقاًَ وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقاًَ

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu ‘anhu berkata: “Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda: ‘Orang mu’min yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, sebaik-baik kalian yang paling baik terhadap istrinya.’” (HR Ahmad 2/250, Abu Dawud: 4682 dengan sanad shohih)

Apakah engkau para suami ingin memiliki iman yang sempurna dan akhlaq yang mulia? Camkanlah perkataan Rosul sholollohu ‘alaihi wa salam di atas. Salah satu caranya adalah berbuat baiklah kalian terhadap istri kalian.

Dari Jabir bin Abdillah rodliyallohu ‘anhu bahwasannya Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda saat khutbah haji wada’: “Takutlah kalian kepada Alloh tentang urusan istri kalian, karena kalian mengambilnya dengan amanat dari Alloh, dan kalian halalkan farjinya dengan kalimat Alloh, maka hak kalian atas mereka adalah agar mereka kaum istri jangan mengizinkan orang yang kalian benci masuk rumah kalian. Kalau sampai mereka melakukannya maka pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakiti, sedangkan hak mereka atas kalian adalah kalian berikan nafkah serta pakaiannya dengan cara yang baik.” (HR. Muslim 1218)

Lihatlah para suami, engkau diizinkan untuk menghukum mereka, tapi ingat! Dengan hukuman yang tidak menyakiti, akan tetapi hukuman yang mendidik.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَم لاَ يَفْرَكْ مُؤْمِنٌُ مُؤْمِنَةًَ إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقًَا رَضِيَ مِنْهَا اَخَرَ

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu ‘anhu berkata: “Rosululloh bersabda: ‘Janganlah seorang mu’min laki-laki membenci seorang wanita mu’minah, karena jika dia melihat ada akhlaknya yang tidak disenangi, niscaya dia akan menemukan akhlak lain yang dia senangi.’” (HR.Muslim 1469)

Ingatlah, sesungguhnya tak ada manusia yang sempurna sepeninggal Rosul sholollohu ‘alaihi wa salam. Dan sadarlah sesungguhnya istri-istri kalian hanyalah manusia biasa yang bisa salah dan memiliki akhlaq yang engkau tidak cintai.

Akan tetapi islam telah member solusi, carilah pada dirinya, akhlaq yang engkau ridloi, semoga akhalqnya yang indah tersebut dapat menutupimu dari selalu memandang keburukannya.

Semoga ikhwan sekalian yang membaca tulisan ini baik yang telah membina mahligai rumah tangga, maupun yang hanya masih memliki niatan menuju kesana dapat mengambil hikmahnya. Menjadi suami-suami yang cinta terhadap istri-istrinya dan mampu membimbing mereka ke jalan surga.

Dipublikasikan oleh : http://www.alilmunet.blogspot.com

Post a Comment