RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Keagungan Wanita Dalam Islam (2)

Posted By Pekikz On 17:00 Under , , , ,
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya dalam Keagungan Wanita Dalam Islam Ketika Menjadi Anak, islam sangat menghormati dan mengagungkan wanita. Salah satunya adalah, islam juga mengagungkan para wanita ketika menjadi seorang ibu.
Saat seorang wanita menjadi seorang ibu, syariat islam benar-benar menghormati dan mengagungkannya.

Hal ini sangat nampak sekali dengan wajibnya seorang anak berbakti kepada ibunya, berbuat baik kepadanya, larangan menyakitinya dengan cara apapun, mendoakan kebaikan baginya seta berbagai hal lain yang membawa kebahagiaan serta kehormatan dirinya. Salah satu gambarannya adalah firman Alloh ta’ala:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Ya Alloh, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (QS.al-A’rof: 23-24)

Lihatlah wahai saudaraku, apabila perkataan “AH” saja dilarang, lalu bagaimana dengan perkataan serta perbuatan yang lebih keras dan kasar dari pada perkataan itu?

Islam juga lebih mendahulukan menghormati ibu daripada bapak. Sebagaimana hadits berikut:

Dari Abu Huroiroh rodliyallohu ‘anhu berkata: “ Datang seseorang kepada Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam lalu bertanya: ‘Wahai Rosululloh, siapa yang paling berhak untuk saya berbuat baik kepadanya?’ Rosululloh menjawab: ‘ibumu’, dia bertanya lagi: ‘Lalu siapa?’ Rosululloh menjawab: ‘ibumu’, dia bertanya lagi: ‘Lalu siapa?’ Rosululloh menjawab: ‘ibumu’, lalu dia bertanya lagi: ‘Lalu siapa?’ Rosululloh menjawab: ‘bapakmu’.” (HR. Bukhori 5971 dan Muslim 2548)

Subhanalloh, wahai para wanita, sungguh islam benar-benar telah memuliakan kalian. Yang melalui lisan Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam telah mengisyaratkan bahwa seorang ibu memiliki kehormatan lebih besar dari pada seorang ayah.

Syari’at islam juga menjadikan berbuat bakti kepada orang tua termasuk di antara amal perbuatan yang paling mulia. Dan ini sangat jelas tergambar dalam beberapa hadits Rosulullohm diantaranya:

عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَم أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ قَالَ الصَلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌُّ قَالَ ثُمَّ بِرُ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌُّ قَالَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

Dari Abdulloh bin Mas’ud rodliyallohu ‘anhu berkata: “Saya bertanya kepada Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam ‘amal perbuatan apa yang paling dicintai oleh Alloh?’ Beliau menjawab: ‘sholat tepat pada waktunya’ saya bertanya lagi: ‘lalu apa?’, beliau menjawab: ‘Berbakti kepada orang tua’, lalu apa lagi: ‘Jihad fisabilillah’.” (HR. Bukhori 5970 dan Muslim 85)

Dan islam juga menjadikan durhaka kepada keduanya termasuk dosa besar, sebagaimana sabda Rosululloh:

Dari Abdurrohman bin Abu Bakroh dari bapaknya rodliyallohu ‘anhum berkata: “Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda: ‘Maukah kalian saya tunjukkan kepada perbuatan dosa yang paling besar?’ para sahabat menjawab: ‘Ya, wahai rosululloh’ beliau bersabda: ‘Berbuat syirik kepada Alloh, durhaka kepada kedua orang tua.’ Dan saat itu duduk padahal sebelumnya bersandar: ‘Hati-hatilah kalian dengan sumpah palsu.’ Rosululloh selalu mengulang-ulanginya sehingga kamu mengatakan: ‘Duh, seandainya beliau mau diam.’” (HR. Bukhori 5976 dan Muslim 87)

Perhatikanlah saudaraku perkataan Rosul di atas. Berbuatlah baik kepada ibu dan ayahmu. Jagalah mereka, ajaklah mereka kepada kebenaran, nasihatilah mereka bila mereka salah dengan cara yang baik.

Dan janganlah sekali-kali engkau mendurhakai mereka. Karena hal tersebut adalah termasuk perbuatan dosa yang paling besar setelah syirik kepada Alloh. Kecuali apabila engkau diperintahkan untuk berma’siat kepada Alloh.

Semoga kita dimudahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Hanya Alloh lah yang member taufiq.

Dipublikasikan oleh : http://www.alilmunet.blogspot.com

Post a Comment