RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Urgensi Sholat Dalam Islam

Posted By Pekikz On 10:01 Under , ,
Sholat mempunyai kedudukan yang tinggi dalam agam islam. Tidak ada satu ibadah pun yang bisa menandinginya. Hal tersebut karena sholat adalah:

1. Tiangnya agama.
Tidak akan tegak agama islam kecuali dengan sholat. Nabi shalollohu ‘alaihi wa salam bersabda:
رَأْسُ الأَمْرِ الإِسْلاَمُ وَعَمُوْدُهُ الصَّلاَةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

“Pokok segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah sholat dan puncaknya adalah jihad.”(HR.at-Tirmidzi: 2616, Ibnu Majah: 3973, Ahmad: 7/231 dishohihkan al-albani dalam ash-shohihah no.1122)

2. Kewajiban yang abadi.

Kewajiban sholat tidak gugur selama akal masih ada, walaupun dalam keadaan mencekam. Alloh ‘azza wa jalla berfirman:
“Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wusthi. Berdirilah untuk Alloh (dalam sholatmu) dengakn khusyuk. Jika kamu dalam keadaan takut (bahaya), maka sholatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kamu telah aman, maka sebutlah Alloh (sholatlah), sebagaimana Alloh telah mengajarkan kepaa kamu apa yang belum kamu ketahui.” (QS. Al-Baqoroh:238-239)

3. Ibadah yang pertama kali dihisab.
Sholat merupakan ibadah yang pertama kali akan ditanyakan oleh Alloh ‘azza wa jalla kepada seorang hamba. Nabi sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda:

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلاَةُ فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ ساَئِرُ عَمَلِهِ

“Pertama kali yang akan dihisa pada hari kiamat dari seorang hamba adalah sholat. jika shilatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya, jika jelek maka jelek pula seluruh amalnnya.” (HR. ath-Thobroni dalam al-Ausath: 1/409 dishohihkan al-albani dalam ash-shohihah : 3/346)

4. Akhir perkara yang akan hilang dari agama islam.
Apabila sholat telah hilang, maka hilang pula agama Islam. Rosululloh sholollohu ‘alaihi wa salam bersabda:
“Akan terlepas tali Islam seutas demi seutas. Acap kali satu tali Islam terlepas, maka manusia akan berpegang dengan tali berikutnya. Yang pertama kali akan terlepas dari Islam ini adalah hukum dan yang terakhir adalah sholat.” (HR Ahmad:5/251 dishohihkan al-albani dalam shohih at-targhib :1/229)

5. Wasiat terakhir Nabi kepada Umat.
Wasiat terakhir nabi Sholollohu ‘alaihi wa salm kepada umatnya sebelum beliau wafat adalah sholat. Ali bin abi Tholib rodliyallohu ‘anhu berkata:

كَانَ اَخِرُ كَلاَمِ رَسُلِ اللَّهِ صَلَى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمِ الصَّلاَةَ اتَّقُوْا اللَّهَ فِيْمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ

“Adalah ucapan terkahir yang disampaikan Nabi sholollohu ‘alaihi wa salam : sholat…sholat…dan takutlah kepada Alloh dari budak-budak yang kalian miliki.”(HR.Ahmad: 6/290 dishohihkan Al-Albani dalam al-irwaa: 7/238)

Sumber: majalah al-Furqon.

Post a Comment